Our Blog

Dampak Virus Corona terhadap usaha Laundry

Selasa, 17 Maret Asosiasi Laundry Indonesia berkesempatan diskusi via Kuliah Whatsapp bersama Dr. Ceva Wicaksono Pitoyo SpPD-KP, Kepala Divisi Respirologi dan Penyakit Kritis – Dept. Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dan moderator andalan kak Irna Purnamawati

Dengan tema:
Dampak Virus Corona terhadap usaha Laundry

Poin dari sharing dan diskusi kemarin ada di slide:


✅ Corona sebenarnya tidak semematikan SARS dan MERS, tapi penularannya lebih cepat dibanding yg lain


✅ Virus bisa mati dg Deterjen (lebih baik konsentrat tinggi) dan Pengeringan baju dg Dryer diatas 60 derajat. Jika masih menggunakan matahari utk pengeringan maka jemur lebih lama.


✅ Pegawai laundry terutama bagian kasir WAJIB menggunakan Masker dan Sarung tangan saat penerimaan. Dan JANGAN dikebas2in baju kotor pelanggan krn bisa menyebar virusnya. Sebaiknya terima baju kotor di ruang terbuka.


✅ Kurangi jadwal operasional laundry utk meminimalisir penyebaran virus


✅ Ganti baju setiap hari dan segera dicuci. Bawalah ke laundry yg lebih berpengalaman dalam treatment baju dan cucian 😎


✅ Ikuti instruksi pemerintah melalui lembaga2 resmi dengan meminimalisir pertemuan, pakailah masker, social distancing, jaga jarak saat ngobrol 1,5 meter, sering cuci tangan dg sabun dan atau handsanitizer.


✅ Jaga kesehatan dg makan makanan sehat, higienis, minum suplemen dan buah, bukan mematikan virus tapi menjaga imun tubuh sebagai pertahanan dan melawan virus.

“Virus COVID-19 Bisa sembuh dengan sendirinya asal jangan meninggal sebelum itu. Jadi tugas dokter adalah mempertahankan hidup pasien bukan mengobati membunuh virusnya. Dan perjuangan hidup-mati itu adalah dalam masa mempertahankan hidup itu.” ( Dr. Ceva )

Terima kasih banyak dokter Ceva dan bunda Anna Andriany yg sudah berkenan sharing bersama kami yg sangat bermanfaat terutama sektor UKM dan dunia laundry sehingga bisa mengubah paradigma kekuatiran dan ketakutan2 menjadi kenyamanan dan solusi bagi masyarakat luas.

Selamat bertugas dokter Ceva dan paramedis sbg garda terdepan dalam penanggulangan birsu Corona Covid-19.

Semoga Indonesia dan seluruh dunia terbebas dari virus Corona dan penyakit lainnya. Damai bumiku. Tuhan memberkati 🙏🏻

Salam hangat,
Apik Primadya

Leave A Comment